top of page

Pembukuan Keuangan Pribadi Yang Simpel

Updated: Jun 5, 2020

Sudah sejak dari tahun 2017 saya memakai aplikasi sederhana ini, yang bisa saya akses dari handphone dimana dan kapan saja. Aplikasi tersebut adalah Money Manager. Aplikasi keluaran RealByte Inc. ini bisa kita download di Google Playstore maupun App Store.


Dengan aplikasi ini kita mendapatkan banyak kemudahan dalam hal penggunaannya. Saya merasa banyak terbantu sekali, apalagi untuk tipe orang yang selalu kesulitan berdisiplin dalam hal keuangan. Masalah akan terjadi, karena kita tidak mengetahui kemana saja larinya uang atau penggunaan uang yang sudah kita keluarkan. Terlebih setiap tahun, kita sebagai warga negara yang baik harus lapor pajak tahunan.

Money Manager menyediakan pula feature untuk kita bisa pakai dalam hal pengarsipan kuitansi, bon pengeluaran dalam menu Photo Save.

Apabila kita hendak mengganti handphone lama dengan yang baru, kita hanya perlu menyimpan arsip pembukuan ke dalam google drive dengan cara sebagai berikut:

Setting > Backup > Google Drive Automated Backup > pilih Daily atau Weekly.


Setelah itu, kita download file yang telah kita simpan di Google Drive. Kemudian file tersebut kita simpan kembali ke dalam handphone yang baru (dengan terlebih dahulu menginstal Money Manager app ke dalam handphone baru tentunya).

Selanjutnya, kita buka:

Setting > Backup/Restore On Device > lalu pilih file lama yang sudah kita download sebelumnya dari Google Drive.

Selamat Mencoba dan Be Happy Life!









18 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page