top of page

Kawasan Konservasi Terpadu di Kota Bandung

Di penghujung tahun 2019, Covid-19 (Corona Virus) telah mulai meruntuhkan sendi kehidupan sebagian besar masyarakat di negeri kita. Ini pula yang mengakibatkan kita tidak dapat beraktivitas seperti sebagaimana mestinya. Biasanya kita yang berdomisili di kota Bandung, dapat dengan leluasa bepergian ke Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda ini untuk berolahraga.

Kali ini, saya hanya ingin kembali flashback melihat taman dari foto lama yang saya ambil.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan kawasan konservasi yang terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman yang terletak di Kota Bandung, Indonesia. Luasnya mencapai 590 hektare membentang dari kawasan Dago Pakar sampai Maribaya.

Letak Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda berada di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, pada ketinggian antara 770 mdpl sampai 1330 mdpl. Di atas tanahnya yang subur terdapat sekitar 2500 jenis tanaman yang terdiri dari 40 familia dan 112 species.

Pada tahun 1965 luas taman hutan raya baru sekitar 10 ha saja, namun saat ini sudah mencapai 590 ha membentang dari kawasan Pakar sampai Maribaya. Saat ini pengelolaannya dilakukan oleh Dinas Kehutanan Pemda Provinsi Jawa Barat (sebelumnya berada di bawah naungan Perum Perhutani).

Taman ini dapat dikunjungi setiap hari, buka antara jam 08.00-18.00.

Pengalaman menarik ketika berkunjung ke tempat ini adalah di tahun 2015, dimana bunga bangkai yang nama latinnya Amorphophallus titanum sedang tumbuh mekar.




37 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page